Pengertian Kurikulum
Kurikulum diartikan sebagai perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Semua yang berlaku pada satuan pendidikan di sekolah itu disebut dengan kurikulum. Hanya saja, pada bentuk dokumen yang sering kita lihat, bahwa kurikulum itu hanya beberapa bagian saja yang didokumenkan, sementara yang lainnya tidak. Walau demikian, segala aktifitas apapun itu di sekolah, merupakan sebuah kurikulum.Keberadaan kurikulum sangat penting adanya dalam lingkungan pendidikan. Kurikulum, merupakan sebuah alur yang mengantarkan segala aktivitas dan program menuju yang dicita-citakan. Oleh sebab itu, kurikulum ini dianggap penting dan memegang peranan dalam keberlangsungan kegiatan belajar mengajar.
Sistem
Dikatakan sebuah sistem, bilamana terdapat beberapa unsur yang saling berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Maksudnya adalah, bahwa dalam sebuah kegiatan itu terdapat berbagai unit yang memiliki fungsinya tersendiri, demi mencapai tujuan. Itulah yang dinamakan sistem (Saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya).Kurikulum Sebagai Sistem
Berdasarkan pengertian kurikulum dan sistem di atas, maka dapatlah dibuatkan berupa gambaran seperti di bawah ini:Dari gambar di atas itu, dapat dilihat bahwa segala komponen pendidikan termaktub dalam sebuah sistem yang pada gambar tersebut berada pada lingkaran yang paling besar. Sementara tiap-tiap komponen pendidikan (Pendidik, siswa, kurikulum dan sekolah) berada pada dalam lingkaran sebuah sistem.
Semua komponen pendidikan, memiliki tujuan-tujuan dan fungsinya tersendiri. Dengan tujuan dan fungsinya tersendiri itu, tentunya memiliki keterkaitan dengan tujuan pendidikan secara umum. Contohnya, tujuan pendidikan secara umum, akan dipehgaruhi oleh tujuan dari pendidik di sekolah.
Oleh sebab itu, yang dimaksudkan dengan kurikulum sebagai sistem itu adalah segala komponen pendidikan yang saling memiliki tujuan dan saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya.
Sumber Bacaan
Syaodih, Nana Sukmadinata. 2000. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tags:
Kurikulum